Portal Berita Komunitas Surabaya Kiblatnya Info Cerita Tentang Surabaya Berisi Liputan Berita Surabaya dan Kabar Seputar Kota Surabaya - Support Local Talent in Surabaya.


Senin, 20 Juni 2022

Makanan Khas Kota Surabaya Yang Terkenal

| Senin, 20 Juni 2022

 Bila kamu berkunjung Kota Surabaya, ada banyak kulineran lezat yang perlu kamu coba! Berikut beberapa daftarnya:






Lontong Balap


Kulineran ciri khas Surabaya ini, termasuk sangat menjadi legenda dengan rasanya yang sedap. Nama lontong balap sendiri diberi karena di awal timbulnya beberapa pedagang lari berebutan konsumen setia hingga kelihatan seolah tengah balapan. Lontong Balap Surabaya ini telah ada semenjak tahun 1956 dan datang dari wilayah Kutisari dan Kendangsari dekat Pasar Wonokromo

Baca Juga : Sejarah Dan Resep Lontong Balap

Resep Lontong Balap juga tak pernah berbeda dari dahulu yaitu memakai lontong, tauge, lentho, tahu, kecap, bawang goreng, dan sambal. Seluruh bahan bahan itu disiram dengan kuah panas dengan rasa renyah pedas dari bawang atau sambal petis. Kekhasan dari Lontong Balap ini ialah jumlah tauge yang banyak dan Lentho atau perkedel singkong tolo sebagai isian.


Rawon


Rawon menjadi satu diantara sajian terpopuler yang dari Jawa Timur terutamanya wilayah Surabaya. Ciri-ciri khusus dari masakan Surabaya ini ialah kuahnya yang warna hitam pekat dari bumbu kluwek yang dipakai. Makanan semacam sup ini memakai daging sapi sebagai material dasar sajian dan kadang dihidangkan bersama telur.

Baca Juga :

Bumbu rawon sendiri terbagi dalam kluwek, bawang, cabe, ketumbar, kemiri, kunir, serai, laos, dan garam yang dilumatkan lalu ditumis wangi. Langkah membuat Rawon ini juga gampang sesudah bumbu lembut ditumis tambah kaldu sapi dan dagingnya lalu masak sampai masak. Sebagai pendamping tambah tauge pendek, daun bawang, empal goreng, krupuk udang dan sambal saat menyuguhkan rawon.




Rujak Cingur


Kekhasan khusus dari rujak cingur sudah pasti pemakaian cingur sapi atau potongan bibir sapi ke bumbu rujak sebagai pendamping. Selainnya cingur, makanan tradisionil Surabaya ini memakai isian seperti kangkung, kacang panjang, tauge, tahu, lontong, tempe, dan bendoyo. Ada juga versus rujak cingur yang menambah buah-buahan fresh seperti bengkuang, nanas, kedondong, dan mangga muda di dalam rujak. Rujak Cingur Surabaya sering dihidangkan di atas pincuk atau daun pisang plus tambahan krupuk udang supaya makin nikmat.


Pecel Semanggi


Pecel Semanggi memakai daun semanggi sebagai alternatif sayurnya. Pemakaian daun semanggi ini membuat rasa pecel jadi unik dan berlainan dari pecel umumnya. Disamping itu bumbu yang dipakai dibikin khusus dari kacang, gula merah, petis, dan ubi rambat hingga lebih halus. Penyuguhan pecel semanggi umumnya memakai pincuk dengan isian daun semanggi, tauge, dan daun pepaya dan tambahan krupuk karak sebagai sendok.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar